Pakar mematahkan mitos tentang ‘pembalikan diabetes’

Anda mungkin sering menjumpai istilah ‘diabetes reversal’. Tapi bisakah kondisi itu benar-benar ‘dibalik’? “Kata ‘pembalikan’ adalah keliru, karena kamus mendefinisikannya sebagai perubahan ke arah, posisi, atau tindakan yang berlawanan atau kembali ke keadaan sebelumnya. Akhir-akhir ini, ini tampaknya digunakan dengan sangat longgar di samping diabetes, dan itu bukan cara yang akurat untuk melihatnya,” kata Dr Akshat Chadha, Dokter Gaya Hidup di GOQii.

Beli sekarang | Paket berlangganan terbaik kami sekarang memiliki harga khusus

Mengapa tidak akurat? “Itu karena ‘pembalikan diabetes’ berarti obat-obatan dihentikan, dan orang tersebut tidak lagi menderita penyakit tersebut. Namun, skenario ini jarang terlihat dalam praktik bagi banyak pasien. Ya, hanya sedikit pasien — seperti pasien pradiabetes yang mampu ‘membalikkan’ kondisi mereka untuk jangka waktu yang lebih lama (jika mereka mampu mempertahankan gaya hidup yang baik) tetapi mereka yang menderita diabetes kronis dan berlangsung lama merasa sulit untuk mempertahankan obat yang dikurangi, ”tambah ahli itu.

Dengan pola makan yang sehat, seseorang dapat mengontrol kadar gulanya. (Sumber- Pexels)

Dia menambahkan bahwa ‘pembalikan’ dunia sebenarnya hanya berarti “kontrol dan manajemen yang lebih baik untuk memulai, kemudian perlahan-lahan mengurangi obat-obatan, untuk akhirnya mencoba dan melepaskannya dengan pekerjaan lebih lanjut yang ditujukan pada situasi di mana Anda tidak kembali ke pengobatan” . Jika seorang pasien dapat mempertahankan keadaan tanpa obat-obatan ini dengan laporan darah tetap dalam batas normal selama lima tahun maka mungkin kita dapat mengatakan bahwa diabetes (tipe 2) telah dibalik.

Berikut beberapa mitos tentang pembalikan diabetes yang wajib Anda ketahui, menurut para ahli.

Mitos 1 – Pembalikan diabetes tipe 2 mudah dan dapat dicapai dalam 6-8 minggu dengan mengikuti program

Mitos yang satu ini sebenarnya cukup lucu dan berbahaya. Saya akan berpikir tidak mungkin untuk percaya sesuatu seperti ini. Namun, orang-orang mempercayainya karena mereka cenderung putus asa untuk menyingkirkan kondisi tersebut dan karenanya pergi sejauh mana mereka melihat secercah harapan yang membuatnya berbahaya. Fad diets atau bahkan diet ketat dapat menunjukkan laporan darah membaik seiring dengan penurunan berat badan (4-5 kg ​​setiap bulan). Tapi, perubahan drastis ini dapat menyebabkan masalah lain di kemudian hari termasuk kekurangan kronis.

Selama program, pasien juga tidak diberikan obat-obatan (karena laporan darah terlihat lebih baik) tetapi setelah program berakhir, dan mereka yang tidak mampu mempertahankan perubahan, gula mulai meningkat dan kali ini dengan sepenuh hati. . Beberapa bahkan akhirnya bergegas kembali ke dokter asli mereka yang dimengerti marah karena mereka takut kerusakan yang disebabkan dan selalu harus meningkatkan pengobatan. Dengan demikian, pasien paling menderita di berbagai tingkatan dan apa yang dimulai sebagai sinar harapan bagi pasien akhirnya menjadi sinar kehancuran.

Mitos 2 – Kurangi karbohidrat, buah-buahan dan gula dan Anda akan membalikkan diabetes tipe 2.

Pasien pasti akan menurunkan angka pada awalnya, setidaknya di atas kertas. Tapi, terlepas dari manfaat nutrisi yang akan mereka lewatkan, sangat tidak mungkin pembalikan diabetes akan tercapai.

Saya ingin membantu Anda semua memahami bahwa sumber utama masalah seperti peradangan atau resistensi insulin adalah karbohidrat olahan dan gula yang ada dalam kue, kue kering, soda, dan bahkan makanan kemasan. Biji-bijian dan buah-buahan dapat meningkatkan gula tetapi bervariasi dari orang ke orang. Jika mereka seimbang dengan serat, protein dan lemak, maka Anda akan terkejut mengetahui seberapa baik gula diatur. Kami memiliki kecenderungan makan 5-6 chapatis atau nasi dalam porsi besar hanya dengan sedikit sayuran (kadang jumlahnya bahkan lebih sedikit dari acar) dan kadang-kadang tanpa dal atau kacang atau bahkan dadih. Jadi, alih-alih menjadi ekstrem dan mengurangi segalanya (yang lagi-lagi menjadi sulit untuk dipertahankan), lihatlah termasuk makanan seimbang karena Anda tidak hanya akan memiliki gula darah yang lebih baik tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mitos 3 – Berpuasa dan Anda akan membalikkan diabetes

Yang ini benar-benar melakukan putaran. Ini mungkin bukan mitos tapi lebih dibesar-besarkan. Masuk akal untuk berpuasa karena Anda akhirnya akan mengonsumsi lebih sedikit makanan (>12 jam – Anda kebanyakan akan melewatkan satu kali makan utama). Awalnya, seseorang akan menyaksikan penurunan berat badan dan usus bersama dengan pankreas akan mendapatkan relaksasi selama periode puasa. Puasa adalah praktik kuno dan memang memiliki manfaat jika dilakukan dengan ‘cara yang benar’. Namun penting untuk mengetahui apa cara berpuasa yang benar?

Jawaban atas pertanyaan ini adalah bervariasi dari diabetes ke diabetes dan juga tergantung pada kondisi komorbiditas, obat-obatan saat ini, insulin dan seberapa banyak gula darah berfluktuasi. Tentu saja, makan 2 kg buah atau makan “apa saja” selama jendela makan tidak akan berhasil sehingga perilaku seperti itu tidak dianjurkan. Juga, jika Anda terus-menerus berpuasa selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan bersama, maka berhati-hatilah dengan kesehatan otot, kesehatan usus, dan bahkan metabolisme Anda karena semua ini dapat sedikit menurun. Puasa bila digunakan sebagai salah satu alat untuk manajemen diabetes yang lebih baik di bawah bimbingan yang tepat akan membantu dalam peningkatan kesehatan pasien secara keseluruhan.

Kurangi gula (Sumber- Pexels)

Mitos 4 – Saya tidak akan bisa mengurangi obat atau melepaskannya karena saya memiliki riwayat keluarga diabetes.

Riwayat keluarga, terutama jika kedua orang tua menderita diabetes, memang berperan besar dalam membuat seseorang rentan terkena diabetes. Tapi itu bukan satu-satunya faktor yang memicu diabetes. Faktanya, gaya hidup Anda, kebiasaan sehari-hari Anda yang berulang selama periode waktu tertentu yang akhirnya membawa Anda ke diabetes. Jadi, dengan cara yang sama, Anda mungkin harus lebih khusus dan lebih memperhatikan diri sendiri. Jika dilakukan secara konsisten, seseorang dapat berharap untuk melihat obat-obatan berkurang, terlepas dari riwayat keluarga.

Tentu saja, pencegahan atau penundaan lebih baik daripada pembalikan sehingga jika orang dapat mulai mengikuti gaya hidup berkelanjutan yang lebih sehat maka mereka dapat menjauhkan diabetes untuk waktu yang lebih lama atau bahkan jika mereka mendapatkannya, mereka dapat mengelolanya dengan obat-obatan minimum. Kontrol yang lebih baik juga dapat membantu mengurangi kemungkinan komplikasi.

Mitos 5 – Jika saya memulai pengobatan atau insulin, saya tidak akan pernah bisa membalikkan diabetes

Saya merasa ini adalah salah satu mitos yang harus dipatahkan sesegera mungkin. Berkali-kali memulai pengobatan atau insulin lebih awal benar-benar dapat membantu Anda melestarikan fungsi sel beta (sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin), semakin meningkatkan peluang Anda untuk berhenti minum obat lebih cepat asalkan Anda telah melakukan perubahan gaya hidup secara bersamaan. Jika pasien menolak untuk melakukan perubahan mendasar seperti makan lebih baik, berolahraga secara teratur, tidur dan mengelola stres dengan lebih baik, maka obatnya juga tidak akan mendapatkan dukungan yang diinginkan dan selanjutnya dapat menyebabkan peningkatan obat-obatan.

Jadi sudah saatnya para penderita diabetes mengatur ulang pola pikir mereka. Berhentilah meragukan setiap dokter atau obat-obatan dan bertanggung jawab atas kesehatan Anda dengan membuat perubahan yang tepat sehingga pembalikan diabetes dapat menjadi kenyataan yang lebih mudah di tahun-tahun mendatang.

Mitos 6 – Diabetes tipe 1 dapat dibalik

Sederhananya, belum. Jika seseorang pada saat ini mengklaim atau menjanjikan pembalikan diabetes tipe 1, maka itu jauh dari kebenaran. Ada banyak pekerjaan dan penelitian yang terjadi di bidang ini tetapi tidak ada yang konklusif telah ditunjukkan. Saya merasa dan berharap bahwa ini masalah waktu dan untuk sementara ini, kita semua perlu membangun kesabaran kita dan alih-alih bekerja pada informasi yang kita miliki dan setidaknya mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik. Diabetes tipe 1 tidak menghentikan pasien untuk melakukan sesuatu atau menjalani kehidupan yang baik, jadi jika Anda memiliki kekhawatiran atau ketakutan itu, inilah saat yang tepat untuk mulai mengubahnya.

“Singkatnya, pembalikan diabetes (yang sebenarnya seperti yang saya sebutkan di atas) dimungkinkan jika pertanyaan tentang pembalikan bersifat umum. Tapi, sekarang kita perlu mengajukan pertanyaan yang berbeda – dapatkah saya membalikkan diabetes saya? Jika tidak maka saya bisa hidup sehat, tanpa rasa takut dengan diabetes – dan jawabannya akan selalu besar ya,” tutupnya.

​​ Untuk berita gaya hidup lainnya, ikuti kami di Instagram | Twitter | Facebook dan jangan lewatkan update terbaru!

Life Style