Atasi kembung dengan tips sederhana ini

Terkadang, menjadi sulit untuk menolak makanan tertentu (baca: pizza, pasta, ayam tandoori, dan malai kofta!). Dan yang terjadi setelah makan yang begitu lezat adalah perut kembung dan kembung. Namun, harus diketahui bahwa godaan tidak selalu menjadi alasan di balik makan berlebihan.

Dari gangguan hingga dehidrasi, menurut ahli diet Shivani Kandwal, pendiri Nutrivibes, ada banyak alasan lain yang mungkin memaksa seseorang untuk makan terlalu banyak.

Gangguan saat makan

Menonton TV sambil makan atau menggunakan ponsel membuat kita makan lebih banyak karena “kita” makan berpuasa tanpa memperhatikan apa yang kita makan,” katanya kepada indianexpress.com.

Menekankan

Menurut ahlinya, menekankan adalah salah satu alasan utama untuk makan berlebihan. “Saat stres, tubuh melepaskan hormon yang memicu rasa lapar untuk mengelola kehilangan energi,” jelasnya.

Makan cepat

Orang yang makan sangat cepat cenderung makan berlebihan karena otak mereka membutuhkan waktu untuk menyadari bahwa perut mereka penuh dan mengirim isyarat untuk berhenti makan, katanya.

Beli sekarang | Paket berlangganan terbaik kami sekarang memiliki harga khusus

Dehidrasi

“Menurut sebuah penelitian, Anda mungkin merasa lapar ketika Anda benar-benar haus, yang berarti, setiap kali Anda merasa lapar, minumlah segelas air. Jika Anda masih merasa lapar, maka Anda boleh makan sedikit,” sarannya.

Ahli diet lebih lanjut menyarankan makan satu sendok teh biji adas setelah makan untuk menghilangkan kembung atau segelas air hangat dengan jahe dan lemon. “Juga, Anda dapat mengambil satu sdt cuka sari apel sebelum makan atau teh herbal setelah makan,” sarannya.

Selain tips di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa cara sederhana namun efektif untuk meredakan kembung, seperti yang dibagikan oleh Anshu Dua, ahli gizi, di Instagram-nya.

*Jangan di skip sarapan: Mungkin tampak seperti ide yang baik untuk melewatkan sarapan setelah makan malam yang berat. Namun, para ahli mengatakan bahwa sarapan ringan dan kaya serat mendorong tubuh Anda kembali ke rutinitasnya.

* Tetap aktif dan berjalan-jalan: 15 menit cepat berjalan dapat membantu menghilangkan tekanan dari perut Anda dan merangsang sistem pencernaan Anda.

* Makan makanan kaya kalium: Kalium membantu tubuh membuang kelebihan cairan. Makanan seperti pisang, air kelapa, mentimun, semangka, bayam dan ubi jalar adalah pilihan yang bagus.

* Hidrasi diri Anda: “Perasaan kembung setelah makan berlebihan biasanya berasal dari semua cairan yang ditahan tubuh Anda karena semua makanan kaya natrium yang mungkin Anda makan. Minum air dalam jumlah yang cukup akan membantu mengeluarkan sebagian dari natrium itu dan membuat tubuh Anda melepaskan kelebihan cairan, yang akan membuatnya tidak terlalu terasa kembung. Minumlah senyaman mungkin, dan tetap minum air sepanjang hari,” sarannya.

*Minum teh hangat: Dia, bagaimanapun, menambahkan bahwa tidak semua kembung disebabkan oleh retensi cairan. “Makan berlebihan, atau makan makanan yang mengiritasi saluran usus dapat menyebabkan gas di saluran pencernaan. Menyeruput teh panas dapat membantu menenangkan usus Anda dan meredakan beberapa gas yang mungkin menyebabkan Anda tidak nyaman. Pilih teh mint atau teh dandelion, jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih ringan. Pastikan Anda menghindari gula dalam teh, karena gula juga menyebabkan retensi air di sel Anda, ”tulisnya.

Untuk berita gaya hidup lainnya, ikuti kami di Instagram | Twitter | Facebook dan jangan lewatkan update terbaru!

Life Style